Advertising

Advertising

Welcome to Bhanoaputra site.....!!!!! Disini Admin ingin berbagi Informasi-Informasi Utama yang mengenai Film Box Office (Movies), Film Terbaru (Movies Update), Review Movies, dan Daftar dan Jadwal Film Box Office setiap Tahunnya yang masih Hangat diperbincangkan kepada Seluruh Sahabat Bhanoa Movie, dan Saya ucapkan Selamat datang dan selamat menikmati, semoga berkenan di Hati para pengunjung semua..!! Keep Blooging. #Jabat Erat# TERIMA KASIH ...!!! By : Ary Wardhana Yusuf

Home » , , » SEJARAH UNISKA - PART 1

SEJARAH UNISKA - PART 1

Written By Unknown on Senin, 11 Maret 2013 | 12:19 PM

Assalamualaikum Wr.Wb.

Setelah Beberapa minggu vakum untuk menulis di Blog ini, akhirnya ada waktu lagi berbagi informasi disini www.bhanoaputra.asia . Sahabat Bhanoaputra semua mungkin sudah gag sabar nich..???

Info yang saya share disini mengenai Dunia Pendidikan, yaitu : Perkuliahan. Sebelum kita membahas perkuliahan, ada baiknya kita bahas Universitas nya dulu dech...!!!

Universitas yang saya pilih adalah Universitas Islam Kalimantan atau lebih dikenal dengan nama UNISKA. ada 2 kota yang merupakan tempat dari universitas ini, Di Banjarmasin dan Banjarbaru. dalam pembahasan ini Banjarmasin dulu ya...!!!

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary
Logo Uniska


Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary
( UNISKA )

Universitas yang bernama Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary ini termasuk Universitas Swasta Terbesar di Kalimantan. Menurut Wikipedia yang saya Share di Google : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary (disingkat Uniska) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan berdasarkan Akte Notaris Bachtiar Nomor 6 tanggal 7 Juli 1981.

SEJARAH

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary
Logo Uniska
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary lahir atas gagasan para tokoh-tokoh agama dan tuntutan masyarakat Kalimantan yang mengkendaki adanya perguruan tinggi bernafaskan Islam dan melahirkan intelektual muslim. Awalnya mula berdirinya Uniska adalah dengan didirikannya Universitas Islam Antasari (disingkat Unisan) pada tahun 1961 oleh KH. Zafri Zamzam.

Pada tahun 1964 Unisan resmi menjadi IAIN Antasari yang berafiliasi kepada IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta (sekarang UIN Sunan Kalijaga) sebagai cabangnya di Banjarmasin dengan Rektor KH. Zafri Zamzam.

Melihat realitas tersebut, dalam seminar “Sejarah Kalimantan Selatan” yang berlangsung di Banjarmasin pada tanggal 23 - 25 September 1973, yang disusul lagi dengan seminar serupa pada tangal 8 - 10 April 1976 dengan tujuan menggugah kembali gagasan mendirikan Perguruan Tinggi Swasta yang mengambil nama Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary sebagai kenang-kenangan akan jasa Almarhum yang sangat besar sebagai tokoh pembaharu dan penyebar Ilmu Agama Islam pertama di Kalimantan Selatan

Dipelopori oleh KH. Zafri Zamzam (Rektor IAIN Antasari), Prof. Anwari Dilmy (Rektor Universitas Lambung Mangkurat) serta para tokoh masyarakat Kalimantan Selatan maka didirikanlah Yayasan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary dengan Akte Notaris No. 6 Tanggal 7 Juli 1981.

Tepatnya tanggal 14 Juli 1981 pada tahap permulaan di buka dua akademi yaitu :
  • Akademi Publisistik, dengan 125 orang mahasiswa baru, peresmian pembukaan oleh Gubernur KDH Tk.I Kalimantan Selatan.
  • Akademi Bahasa Asing, dengan 125 orang mahasiswa baru, yang peresmian pembukaannya oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Selatan.
Tahun 1982 / 1983


Dalam perkembangan selanjutnya pada tahun 1982/1983, setelah memenuhi segala ketentuan untuk peningkatan status akademi menjadi fakultas, maka kedua Akademi tersebut meningkatkan statusnya. Akademi Publisistik menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang didalamnya terdapat Jurusan Komunikasi dengan Program Studi Jurnalistik dan Jurusan Administrasi dengan Program Studi Administrasi Negara. Sedangkan Akademi Bahasa Asing menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang didalamnya terdapat Jurusan Bahasa dan Seni dengan Program Studi Bahasa Inggris dan Jurusan Ilmu Pendidikan dengan Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Bersamaan dengan berdirinya kedua Fakultas ini, didirikan pula Fakultas baru yakni; Fakultas Ekonomi yang didalamnya terdapat Jurusan Manajemen dengan Program Studi Manajemen Perusahaan dan Fakultas Pertanian yang didalamnya terdapat Jurusan Peternakan dengan Program Studi Produksi Ternak.

Tahun 1989

Pada tahun 1989 atas gagasan dari unsur Universitas (KH.Gt. Abdul Muis, Drs.H.M. Amberipane, dan H.Syibelie Mahmud,BA.), dan unsur Yayasan H. Mustafa Ideham dan H. Sutra Alie Syahir, didirikan sebuah Fakultas Agama yakni Fakultas Syari'ah (sekarang Fakultas Agama Islam) dengan Jurusan Muamalat dan Jinayat, yang pada tahun 1993 mendapatkan Status Terdaftar pada Departemen Agama Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 382 tanggal 28 Desember 1993, dibawah Koordinasi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XI Kalimantan di Banjarmasin.


Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary
Tahun 1995

Pada tahun 1995 timbul gagasan untuk mendirikan lagi sebuah Fakultas eksakta yakni Fakultas Teknik Mesin (sekarang menjadi Fakultas Teknik), antara lain dikemukakan oleh Rektorat bersama-sama Yayasan Uniska antara lain Drs. H.M. Amberipane (Rektor), Drs. Muhammad Alfani, M.Si (Pembantu Rektor I), H. Syibelie Mahmud (Kepala Biro Administrasi Umum & Keuangan), serta H. Sutera Alie Syahir (Ketua II Yayasan). Gagasan pendirian Fakultas Teknik tersebut didukung oleh Pengurus Senat dan Yayasan Uniska, sehingga ditunjuklah Pembantu Rektor I Uniska sebagai penanggung Jawab Pendirian, dan Drs. Ir. Sanusi sebagai Ketua Panitia Pendirian Fakultas Teknik. Atas dukungan Kopertis Wilayah XI dan Civitas Akademika Uniska. Maka pada tahun 1998 berdiri Fakultas Teknik Program D-3 Teknik Mesin sesuai Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Nomor 289/DIKTI/Kep/1998 tanggal 14 Agustus 1998.

Tahun 1998

Demikian pula pada tahun yang sama (1998) terjadi perubahan nama Fakultas Syariah Program Studi Muamalat sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pembinaan dan Pengembangan Islam Nomor E/163/1998 tentang status terdaftar menjadi Fakultas Agama Islam Program Studi Muamalat.

Tahun 2000

Tahun 2000 didirikan Fakultas Kesehatan Masyarakat, yang mendapat respon positif dari kalangan Civitas Akademika termasuk pihak Yayasan, sehingga ditunjuklah panitia Pendirian Fakultas Kesehatan Masyarakat yang diketuai oleh Drs. Deli Anhar. Setelah melalui proses yang cukup panjang maka pada tanggal 15 September 2003 Fakultas Kesehatan Masyarakat diresmikan oleh Wakil Gubernur Propinsi Kalimantan Selatan (DR. H. Husin Kasah) yang disaksikan oleh Wakil Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan (dr. Manahan K. Pangribuan), Wakil Kepala Dinas Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Selatan (Drs. Humaidi Syukuri Rompas), Pembina Yayasan (H. Tadjuddin Noor dan H. Sutera Alie Syahir), Pengurus Yayasan (Ir. Gt. Irhamni, MT. dan Pengurus lainnya) yang pada tanggal 26 September 2003 telah memulai perkuliahan perdana oleh dr. H. Zairullah Azhar, M.Sc. (Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan) yang diikuti oleh 108 mahasiswa.

Tahun 2006

Dan pada tanggal 9 November 2006, Uniska mendirikan lagi Program Studi baru, yakni Program Studi S-1 Teknik Mesin dan S-1 Teknik Informatika dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 4068/D/T/2006.


Untuk Tahun 2007 - Sekarang 
Artikel tersebut saya bagi menjadi beberapa Bagian. Jika yang ingin mengetahui lebih Lanjut bisa Cek Artikel Lainnya yang berhubungan dengan UNISKA di :

SEJARAH UNISKA - Part 2
Daftar Rektor di UNISKA Muhammad Arsyad Al-Banjary

Sekian dari saya di artikel ini, Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan. :) Informasi ini saya share ke blog saya dan mendapatkan Referensi dari Situs terpercaya : Id.Wikipedia.org . Trims.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : WWW.BHANOAPUTRA.ASIA | #JEJAKKU | GALLERY BHANOAPUTRA
Copyright © 2013. BHANOA MOVIE - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Modifikasi by BHANOAMOVIE
Proudly powered by Blogger